Preparing & Setting Buffet Table for Breakfast

Pengertian Buffet Breakfast

Breakfast Buffet merupakan Suatu pelayanan di ruang makan dimana hidangan secara lengkap dari hidangan pembuka hingga penutup telah disediakan dan ditata diatas meja buffet . Tamu bebas memilih makanan dan mengambilnya sesuai dengan selera yang diadakan setiap pagi di restaurant hotel sebagai hidangan breakfast ( sarapan pagi ) . Pengaturan secara khusus adalah menempatkan piring makan pada barisan pertama , peralatan makan , lap makan , roti dan mentega dan diikuti dengan makanan yang hendak disuguhkan sesuai dengan kerangka menu yang ingin dihidangkan diatas meja buffet .

Ruang Lingkup Pelayanan Buffet Breakfast

Buffet merupakan salah satu metode pelayanan makanan yang merupakan modifikasi pengembangan dari cara pelayanan makanan dengan melayani sendiri ( self service ) . Modifikasinya adalah dalam pelaksanaan buffet , makanan disajikan dalam sekelompok meja dengan dekorasi yang menarik , umumnya dekorasi disesuaikan dengan jenis makanan yang disajikan sehingga setiap mata yang yang memandang di setiap titik meja akan tertarik untuk mendatangi dan akhitnya mencicipi makanan dan minuman yang disajikan tersebut . Makanan yang disediakan diatas meja buffet harus lengkap , ditata dan diatur indah , rapid an menarik . Perlu juga dicantumkan nama – nama hidangan tersebut , ditulis dengan tulisan yang bagus , rapi dan mudah dibaca . Makanan yang disajikan pun harus bervariasi , baik bahan , fungsi maupun cara memasaknya .

Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Menata Meja Buffet

Untuk menjaga agar makanan tetap panas maka penyajiannya menggunakan chaving dish (alat pamanas makanan diatas meja buffet yang dilengkapi kompor sterno) . Pada saat tamu datang maka bagian dapur tidak perlu sibuk memasak karena semua makanan sudah siap tersaji dengan rapi dan menarik di atas meja buffet . Pada saat ada makanan yang kurang maka pramusaji dapat menambahkan lagi makanan tersebut . Cara menutup meja makan (table set –up) untuk acara buffet ini banyak kesamaanya dengan cara menutup meja makan pada table service sebelumnya . Bila alat – alat belum disediakan dan diatur diatas meja makan , seprti halnya pada acara standing buffet service misalnya maka harus disediakan tempat yang cukup untuk meletakkan peralatan makan atau paper napkin , mentega , roti , air es serta minuman lainnya di atas meja buffet .

Tipe penyusunan meja buffet pada umumnya sebagai berikut :

Hidangan pembuka dan hidangan penutup disusun secara terpisah dari meja buffet dengan hidangan utama . Demikian juga meja buffet untuk minuman , seperti ; air es , kopi , soft drink dan sebagainya . Dengan demikian pelayanan buffet akan lancar dan terhindar dari kemacetan .

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pengaturan meja buffet :

  1. Round table / Square table
  2. Jarum pentul
  3. Molton
  4. Paku paying
  5. Taplak meja
  6. Skirting

Teknik Pengaturan Meja Buffet

Pengaturan meja buffet juga memegang peranan tersendiri . Meja tersebut dapat disusun dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga suasana buffet dapat dibuat sedikit berubah – ubah . Dibawah ini ditunjukan beberapa bentuk meja buffet yang pada umumnya dipergunakan sehingga susunan meja buffet dapat bervariasi .

Bentuk penataan buffet ada 2 macam :

  1. Straight Line Shape

Yaitu satu meja buffet memanjang dengan hidangan lengkap , mulai dari appetizer , soup , main course dan dessert .

  1. Scramble System

Yaitu lebih dari satu buffet disediakan dan letaknya memencar , tiap – tiap buffet diisi dengan jenis makanan saja .

Teknik Pemasangan Skirting

Sekerting adalah kain yang digunakan untuk menutup sebuah kaki meja . Seorang waiter harus memiliki panduan dalam memasang skirting karena variasi dalam bentuknya yang banyak .

Ø  Pasang molton

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk waiter adalah pasangkan molton pada meja yang akan di pakai untuk memasang skirting .

Ø  Menyiapkan taplak meja

Setelah molton sudah dipasang maka langkah ke dua adalah siapkan taplak meja dan taruh di atas molton untuk sebagai alas yang nantinya akan di taruh di atasnya peralatan beserta makanan dan minuman .

Ø  Pasang skirting

Lalu pasangkan skirting , skirting biasanya dipakai untuk meja prasmanan yang berfungsi menutupi kaki – kaki meja .

Yang harus diperhatikan dalam memasang skirting :

1.      semua sisi meja ditutupi dengan skirting

2.      tinggi kain tidak menyentuh lantai

3.      memiliki bentuk yang tidak teratur dan rapih

 

Setelah pemasangan skirting selesai , letakkan chaving dish sesuai dengan urutan menu yang telah ditentukan . Kemudian lengkapi buffet dengan peralatan makan seperti : Dinner Plate , Dessert Plate , Cup & Saucer , Soup Plate , Dinner Spoon , Dessert Spoon , Soup Spoon , Tea Spoon . Setelah peralatan makanan telah lengkap masukkan hidangan breakfast pada chaving dish dan lengkapi hidangan lainnya seperti : Roti & Mentega , Fresh Juice , Fresh Fruit , Tea & Coffe , Yoghurt , Cereal , jangan lupa juga lengkapi sauce bottle pada stan cook live .

 

 

 

Contoh gambar Buffet Breakfast

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s